Strategi trading T.L.S mungkin tidak semua trader mengetahuinya. Karena pada praktiknya memang lebih sulit dan butuh pemahaman akan pasar dengan lebih menyeluruh. Namun bila sudah menguasainya dengan baik tentunya strategi ini bisa memberikan banyak keuntungan yang sangat bagus dengan konsistensi profit yang tidak terbatas.

Apa Itu Strategi trading T.L.S

T.L.S sendiri ialah singkatan dari (Trend, Level, Sinyal) yang mana metode trading satu ini sangat cocok diterapkan di semua time frame serta cocok digunakan pada perdagangan fix time trade maupun perdagangan forex.

Dalam dunia trading trend, level, sinyal merupakan tiga hal yang sangat penting yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan saat trading. Dengan memahami ketiga hal tersebut dengan baik tentunya anda akan mampu menemukan strategi trading terbaik yang membawa konsistensi profit secara terus menerus.

Bagi anda yang belum memahami dengan detail apa itu T.L.S, berikut kami berikan rincian satu persatu nya.

Trend

Trend adalah meningkatkan aktivitas transaksi para pelaku market yang menyebabkan harga terus bergerak ke arah yang sama. Dalam pasar pasti ada yang disebut sebagai trend utama dan trend sementara. Trend utama inilah yang jadi patokan untuk kita dalam trading apakah melakukan opsi naik ataupun opsi turun. Berdasarkan arahnya trend di bagi menjadi 3 yaitu:

Trend Bullish: Trend naik yang menujukan penguatan harga suatu aset. Validasi apakah trend naik sudah terbentuk atau belum bisa dilihat dari kemunculan 1 puncak (higher high) dan 1 lembah (higher low). Sekali trend naik maka harga akan terus naik sampai ada hal yang melemahkan aset tersebut baik karena berita maupun karena faktor psikologis pasar.

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-1

Trend Bearish: Trend bearish adalah kebalikan dari trend bullish yang mana harga suatu instrumen bergerak turun. Jika dalam saham turunnya harga biasa dimanfaatkan untuk melakukan posisi short karena penurunan biasanya akan kembali ke harga semula alias naik kembali.

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-2

Sideways: merupakan pertengahan dari bullish dan bearish atau bisa dikatakan tidak ada pergerakan sama sekali yang dapat dideteksi oleh trend bullish maupun bearish. Kondisi ini bisa dikatakan tidak menguntungkan dan justru bisa membuat kerugian karena arah harga benar-benar tidak jelas.

Level

Dalam market keuangan, level di bagi menjadi 2 kategori yaitu support dan resistance. Ini adalah suatu level yang membatasi pergerakan harga di masa mendatang. Para trader menjadikan level ini sebagai suatu zona yang sangat penting untuk menentukan keputusan saat mereka trading.

Support adalah garis atau area harga yang dijadikan sebagai harga terendah. Jadi saat harga kembali ke area support maka biasanya akan memantul.
Resistance adalah garis harga yang menjadi pembatas / patokan harga teratas. Bila harga mencapai resistance ini maka akan memantul kembali ke bawah.

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-3

Support dapat berubah menjadi resistance dan begitu juga sebaliknya. Jadi apabila support telah tertembus maka otomatis jadi resistance, demikian pula dengan resistance yang telah tertembus akan jadi support.

Sinyal

Sinyal ini yang memberikan kita suatu validasi untuk trading. Jadi walaupun sudah ada 2 poin sebelumnya baik itu trend maupun level tapi bila belum ada sinyal maka kita belum bisa melakukan opsi naik ataupun turun. Jika sinyal sudah terbentuk baru kita bisa mengambil entry yang tepat.

Sinyal tercermin dari formasi kandil yang saling membentuk pola berulang-ulang yang telah teruji probabilitas kemenganannya. Jadi formasi candle ini akan memberitahukan kepada kita akan pergerakan harga yang akan terjadi apakah akan melakukan penerusan trend ataukah pembalikan trend.

Beberapa jenis pola candle yang memiliki probabilitas kemenangan tinggi adalah doji, engulfing, harami, spining top, marubozu, evening star, morning star, hammer, dan juga pinbar. Berikut adalah beberapa contoh pola candlestick:

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-4

Metode Manajemen Modal dalam Trading

Metode yang paling aman selama ini adalah metode klasik dengan nilai trade yang seimbang tiap kali melakukan tradenya. Cara merupakan yang bebas risiko dan sangat cocok bagi anda yang ingin trading jangka panjang yang lebih mementingkan keamanan dana dengan penghasilan yang stabil daripada untuk mereka yang suka trading dengan tujuan gambling.

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-5

Mengelola Psikologi Trading

Walau sulit dijelaskan secara logika, psikologi trading sangat menentukan hasil trading kita nantinya. Pengalaman yang banyak akan membentuk psikologi trading kita menjadi lebih stabil dan lebih disiplin. Karena umumnya orang akan menggandakan modal yang dipertaruhkan dalam trade saat mereka kalah, jadi bukan tambah untung tapi malah tambah rugi.

Untuk itu berikut kami berikan beberapa tips untuk menjaga psikologi trading yang tepat:

  • Trading hanya di satu pair instrumen / pasangan mata uang misalnya Gold / EURUSD¬†
  • Jangan over trading, cukup 5 kali sehari karena yang penting adalah keakuratan
  • Gunakan time frame yang lebih tinggi seperti 15 menit hingga 4 jam
  • Jika 3 kali kalah di hari yang sama maka jangan trading lagi, mulai lagi esok harinya
  • Jika menang 4 kali berturut turut hentikan trading, mulai lagi hari besok
  • Gunakan modal yang memang bukan uang panas atau uang penting
  • Jangan sampai melakukan order stuff
  • Order opsi naik hanya pada uptrend dan order opsi turun hanya pada downtrend

Praktik Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-6

Screenshot di atas adalah gambar trades yang dilakuakn pada tanggal 2 April 2020. Mari kita ulas dengan detail tiap entrinya:

  • Trend menunjukan kenaikan atau bullish dan candle tersebut menguji daerah suport yang menunjukan adanya pembalikan arah pada kandil pullback. Pasang opsi naik setelah candle pullback tersebut muncul maka kemenangan ada didepan mata.
  • Trend masih menunjukan bullish dengan adanya garis support yang tidak ditembus low sebelumnya. Disana juga ada candle yang menguji support. Untuk kondisi ini maka anda dapat memasang opsi naik begitu candle tersebut tertutup.
  • Trend bullish kuat yang dihasilkan dari pullback pada zona support. Di validasi dengan adanya candle bullish marubozu yang ada sumbu bawah saja namun tidak ada sumbu atas yang mendandai penguatan tajam trend. Pasang order naik maka dijamin akan profit.
  • Trend sebenarnya masih bullish, penurunan tersebut hanya sebagai retrace karena belum terbentuk lower low. Munculnya kandil doji naik pada uptrend tentunya sebagai pertanda harga akan bergerak naik kembali seperti yang ditunjukan pada kandil setelahnya.

Jika sudah menang 4 kali berturut-turut seperti di atas maka anda tidak perlu lagi trading. Cukup nikmati hasil yang ada. Karena bila diteruskan bukannya untung yang didapatkan tapi kerugian di hari itu. Inilah bagian dari manajemen modal yang begitu penting.

Jika ulasan diatas masih membingungkan anda, maka berikut ini kami berikan strategi trading lainnya yang diambil dari transaksi pada tanggal 3 April 2020.

Strategi Trading T.L.S di Olymp Trade, Metode Efektif untuk Profit Konsisten-7

  • Trend sangat jelas menunjukan kondisi bullish dengan pembalikan dari zona support. Disana juga muncul kandil uji sehingga menentukan bahwa market akan naik.
  • Trend masih menunjukan bullish walau ada penurunan sementara. Adanya zona support di bawah sehingga harga akan memantul maka kita bisa lakukan opsi naik.
  • Trend utama masih bullish karena belum terbentuk lower low, lalu ada zona support di bawahnya. Disana juga ada formasi candle marubozu yang berarti kita pasang opsi up.
  • Trend bullish ditambah dengan garis support dan hadirnya pola candle morning star menjadi pertanda bahwa harga akan naik. Anda bisa melihatnya pada angka nomor 4 di atas.

Anda lihat sendiri kan bahwa dengan 4 trading saja sudah menghasilakn cukup banyak uang dan itu hanya dilakukan dalam waktu 1 hari mulai dari pagi hari. Jadi tidak ada alasan lagi bagi anda untuk bermalas-malasan trading. Cukup fokus pada 1 pair saja maka anda akan mendapatkan banyak kemenangan.

Kesimpulan

Demikianlah strategi trading T.L.S yang bisa anda coba. Untuk menggunakan strategi ini maka anda perlu paham dulu tentang trend, level dan sinyal hingga ke tingkat mahir. Selanjutnya anda bisa lakukan praktik dan praktik terus di akun demo.

Modal yang diperlukan untuk strategi ini tidaklah banyak. Cukup gunakan uang sisa belanja bulanan anda untuk mencoba trading. Yang tidak kalah penting adalah kendalikan emosi dan psikologi agar trading yang anda lakukan tidak ambur adul. Karena sebagus apapun ilmunya bila emosi tidak terkontrol maka tidak akan menghasilkan keuntungan.

Semoga strategi trading T.L.S di Olymp Trade ini bisa berguna bagi anda untuk meraup profit harian. Jika masih belum membawa keuntungan, maka anda perlu mencoba dan mencobanya terus menerus agar sampai benar-benar paham.
 

Rekomendasi
Tips Menggunakan Strategi Trading Pola Kandil Tripel di Olymp Trade
Banyak orang yang membuang-buang waktu trading dengan menggunakan strategi yang rumit yang membutuhkan banyak indikator. Selain membuat kita bingung dalam melihat chart yang sebenarnya strategi yang rumit tentunya akan menjadikan kita sendiri kesulitan dalam mengambil keputusan yang tepat dalam trading.
Cara Menggunakan Trade Bebas Risiko di Olymp Trade untuk Meminimalisir Kerugian
Trade bebas risiko adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika kita upgrade ke akun VIP Olymp Trade. Namun banyak trader yang sudah upgrade ke akun VIP tapi mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu dikesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa informasi seputar cara menggunakan trade bebas risiko di Olymp Trade.