Strategi model W merupakan strategi yang paling kami sukai. Ini karena selain sangat simpel juga mudah sekali digunakan. Strategi ini lebih sering diaplikasikan di market forex dibandingkan fix time trade. Namun walau begitu anda juga bisa mengaplikasikan strategi trading di Olymp Trade menggunakan model W ini asalkan mengikuti panduan yang kami berikan di artikel kali ini.

Strategi ini termasuk salah satu strategi yang biasa digunakan oleh trader price action. Karena cukup dengan mengandalkan formasi candlestick dan support resistance kita dapat menangkap arah pergerakan harga kedepannya. Namun kali ini agar lebih mudah dan lebih akurat kita akan menggunakan salah satu indikator oscillator untuk tiap tradingnya.

Pengertian Strategi Model W

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-1

Model W ini kebalikan dari model M dan model M ini juga merupakan bagian dari strategi model W. jika anda pernah trading menggunakan model M maka tentunya sudah paham betul tentang strategi W ini. Untuk mengaplikasikan model W dengan lebih efektif maka kita dapat menggunakan bantuan indikator momentum seperti RSI untuk menentukan divergence.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-2

Untuk opsi naik kita akan melihat ada formasi W dengan momentum RSI yang naik. Sementara untuk opsi turun akan mendapati adanya model M dengan RSI yang menurun. Cukup simpel bukan? Terlebih strategi ini bisa dilakukan di semua time frame dengan jangka waku pendek maupun panjang karena termasuk trading strategi reversal.

Cara Setting Strategi Trading Model W

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-3

Untuk menyetting strategi ini kita hanya butuh 1 tools yaitu garis horizontal dan 1 buah indikator RSI. Untuk pairnya sendiri gunakan saja pair EURUSD, GBPUSD dan USDCAD karena ketiganya memiliki pergerakan harga yang berbeda. Time frame yang digunakan adalah 1 menit dan jangka waktu berakhirnya trade dapat disetting 5 menit.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-4

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W

Aturan opsi naik:

Di saat harga menyentuh support lalu kembali ke atas dan balik ke support lagi membentuk model W dan terjadi bullish divergence pada RSI maka kita pilih opsi naik.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-5

Aturan opsi turun:

Jika harga menyentuh resistance lalu kembali ke bawah dan balik ke garis resistance lagi membentuk model W dan terjadi bearish divergence pada RSI maka kita pilih opsi turun.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-6

Strategi Money Manajemen pada Strategi Model W

Walau strategi ini memiliki akurasi yang bagus tapi bukan berarti kita bisa mengabaikan opsi keselamatan akun kita karena probabilitas market memang tidak bisa kita tebak. Untuk itu penting sekali untuk menentukan money management yang tepat agar strategi ini benar benar berhasil kita aplikasikan.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-7

Agar keamanan dana terjamin maka kita tidak boleh menggunakan modal trade yang melebihi 3% dari total dana. Misal anda memiliki modal $1000 maka tidak boleh menggunakan modal lebih dari $30 tiap tradenya. Gunakan keuntungan dari modal pertama untuk meningkatkan modal trading di trade berikutnya.

Strategi Manajemen Emosi pada Trading Model W

Selain itu anda harus memperhatikan manajemen emosi agar jangan sampai kehilangan kendali saat kalah berturut turut. Karena inilah yang menyebabkan akun kita gosong tidak tersisa. Untuk manajemen emosi ini saya rasa anda perlu berhenti trading apabila kalah selama 3 kali berturut turut dan berhenti juga saat menang selama 4 kali berturut turut. Ini sangat berguna untuk menjaga emosi kita tetap stabil, jadi kita perlu mendinginkan emosi selama seharian penuh terlebih dahulu.

Batasi juga jumlah trading perhari. Saya sarankan tidak melebihi 15 kali per hari. Semakin banyak anda trading semakin emosi tidak stabil. Lebih baik menunggu momen yang tepat baru melakukan open posisi dari pada gegabah dan tidak sabaran dengan mengambil posisi tiap ada peluang muncul walau bukan peluang dengan probabilitas tinggi.

Praktik Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-8

Gambar di atas adalah hasil dari trading yang dilakukan pada instrumen EURUSD. Anda lihat sendiri dari 5 kali trade 4 kali benar dan 1 kali salah. Jadi akurasi metode ini adalah 80%. Untuk praktinya ialah seperti berikut ini:

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-9

Opsi turun ditandai dari divergence pada RSI dimana harga belum menunjukan penurunan karena nilainya sama dengan resistance sebelumnya tapi RSI sudah menunjukan adanya penurunan maka kita dapat melakukan opsi turun jangka pendek.

Strategi Trading di Olymp Trade Menggunakan Model W yang Mudah nan Akurat-10

Penutupan

Strategi ini akan efektif bila anda mencobanya berkali kali pada akun demo terlebih dahulu. Selain itu alangkah baiknya anda memahami struktur market dengan baik dengan menggabungkan strategi trend level sinyal (T.L.S) yang telah kami ulas di artikel sebelumnya.

Semoga strategi trading di Olymp Trade dengan indikator EMA, MACD dan parabolic SAR ini bisa bermanfaat bagi anda dan menjadi salah satu perantara anda menuju kesuksesan dan dapat menjadi trader profesional yang selalu profit secara konsisten.
 

Rekomendasi
Strategi Trading di Olymp Trade dengan Indikator EMA, MACD dan Parabolic SAR
EMA, MACD dan Parabolic SAR merupakan indikator terpopuler yang biasa digunakan oleh trader profesional di seluruh dunia. Dengan menggabungkan ketiga indikator ini maka kita dapat meningkatkan probabilitas serta akurasi trading yang lebih baik. Dengan begitu keuntungan dari trading yang didapatkan pun semakin tinggi.
Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance
Antara support resistance dan Bollinger Bands keduanya memiliki perbedaan fungsi serta penggunaannya. Untuk bollinger bands merupakan indikator trend sementara support resistance berguna untuk mengetahui batas level pergerakan harga. Dengan memanfaatkan kedua indikator ini kita dapat menemukan probabilitas kemenangan yang tinggi.