Strategi trading tersedia dalam beberapa jenis diantaranya ada yang menggunakan indikator dan ada yang hanya mengandalkan chart harga atau yang biasa disebut price action. Nah disini kami ingin memberikan sedikit tips dan strategi trading di Olymp Trade dengan menggunakan SMA 20. Bagi yang ingin profit konsisten dengan teknik sederhana ini maka simak baik-baik informasinya.

Gagasan Trading dengan Indikator SMA 20

Di Olymp Trade terdapat 2 jenis market yang bisa ditradingkan yakni forex dan fix time trade. Nah indikator SMA 20 ini bisa kita manfaatkan untuk trading di keduanya. Namun dalam pembahasan kali ini kami akan fokus hanya pada trading di fix time trade.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-1

SMA 20 merupakan indikator simple moving average dengan setting 20. SMA merupakan harga rata-rata dari periode harga yang telah ditentukan. Jadi bila kita gunakan SMA 20 maka kita akan melihat rata-rata harga dalam rentang waktu 20 periode terakhir. Biasanya strategi ini digunakan untuk time frame harian sehingga 20 ini merupakan rentang periode 4 minggu atau 1 bulan waktu trading.

Menyetel SMA 20 di Olymp Trade

Indikator SMA 20 sudah tersedia secara default di Olymp Trade untuk menyetelnya kita tinggal masuk ke tab indikator dan mengaktifkan simple moving average. Selanjutnya toolbar akan muncul dan kita bisa menyetelnya menjadi angka 20 seperti gambar di bawah. Untuk warna secara default sudah bagus tapi bila anda ingin mengubahnya maka dapat memilih warna di bawah setting angka tersebut.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-2

Sementara time framenya bisa kita pilih time frame 10 menit dan expiring time 10 menit. Instrumen trading yang bisa kita gunakan adalah EURUSD karena memiliki liquiditas yang tinggi dan volatilitas yang lebih rendah sehingga lebih aman digunakan untuk trading.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-3

Cara Trading dengan Menggunakan SMA 20 di Olymp Trade

SMA 20 bisa berfungsi untuk 3 hal yakni:

  • Menentukan arah trend utama (trend jangka menengah)
  • Sebagai dinamik support resistance
  • Menentukan titik penerusan trend

Lalu untuk memanfaatkan SMA 20 ini kita bisa melakukan ketiga fungsi di atas. Berikut kami jelaskan sedetail detailnya.

Aturan trade naik:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-4

Untuk melakukan trade naik maka harus memenuhi 3 syarat utama yaitu:

a)    Harga berada di atas garis SMA 20
b)    Kandil pertama menyentuh SMA 20
c)    Kandil kedua merupakan kandil bullish

Jika kondisi tersebut terpenuhi maka kita langsung membuka order begitu kandil kedua tertutup. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar di atas.

Aturan trade turun:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-5

Aturan trade turun adalah kebalikan dari aturan trade naik. Kita dapat melakukan trade turun apabila kondisi market memenuhi 3 syarat utama yaitu:

a)    Kandil grafik harga berada di bawah garis SMA 20
b)    Kandil pertama menyentuh atau memotong SMA 20
c)    Kandil kedua merupakan kandil bearish

Apabila anda menemukan ketiga kondisi tersebut maka kita langsung membuka order turun begitu kandil kedua tertutup pada detik 00.00. 

Praktik Trading Menggunakan Strategi SMA 20

Setelah anda mengetahui strategi trading di Olymp Trade dengan menggunakan SMA 20, maka selanjutnya kita mempraktikannya di pasar langsung. Anda dapat menggunakan akun demo terlebih dahulu untuk memulai praktiknya.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-6

Screenshot di atas adalah hasil dari trade yang dilakukan pada pair instrumen EURUSD dan dari hasil ketiga order tersebut semuanya menang seperti yang dibuktikan pada gambar di bawah ini:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Menggunakan SMA 20-7

Menerapkan Strategi Trading SMA 20 yang Aman

Inti dasar dari strategi ini adalah mengikuti trend jangka menengah. Alasan SMA 20 lebih efektif adalah karena pergerakan harganya yang tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Agar trading lebih aman, maka ada beberapa aturan yang perlu ditekankan.

1. Hanya ikuti trend utama

Jangan mencoba trading reversal dengan strategi ini karena kita hanya trading follow trend bukan counter trend. Ini dimaksudkan agar kita bisa mengikuti gelombang pergerakan harga dengan tepat agar meminimalisir kerugian.

2. Gunakan modal dengan bijak

Seorang pemula seharusnya tidak menginvestasikan lebih dari 5% total asetnya untuk trading. Meningat trading adalah investasi dengan risiko sangat tinggi maka kita perlu menggunakan modal dengan bijak. Apabila anda memiliki $10.000 maka cukup gunakan $500 saja untuk trading.

3. Kelola emosi dengan baik

Pengalaman yang tinggi mampu membuat pengelolaan emosi dengan baik. Satu-satunya cara terbaik untuk melatih pengendalian emosi adalah dengan cara trading langsung di market real. Salah satu pengendalian emosi terbaik adalah menerima kekalahan. Jadi saat kita kalah 3 kali berturut turut maka sebaiknya hentikan trading dan lanjutkan di keesokan harinya.

Penutupan

 

Strategi ini bukanlah strategi holy grail. Anda perlu jam terbang yang tinggi dengan memahami pergerakan market yang sebenarnya agar bisa melakukan trading dengan akurasi yang tinggi. Selain itu catatlah atau setidaknya screenshoot tiap kali anda melakukan open order, ini berguna untuk membuat jurnal trading yang tepat agar bisa dijadikan pembelajaran kedepannya.

Semoga strategi trading di Olymp Trade dengan menggunakan SMA 20 ini bisa memberikan profit yang bertubi tubi dan mengembalikan kekalahan yang pernah anda alami. Salam sukses!
 

Rekomendasi
Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance
Antara support resistance dan Bollinger Bands keduanya memiliki perbedaan fungsi serta penggunaannya. Untuk bollinger bands merupakan indikator trend sementara support resistance berguna untuk mengetahui batas level pergerakan harga. Dengan memanfaatkan kedua indikator ini kita dapat menemukan probabilitas kemenangan yang tinggi.