Antara support resistance dan Bollinger Bands keduanya memiliki perbedaan fungsi serta penggunaannya. Untuk bollinger bands merupakan indikator trend sementara support resistance berguna untuk mengetahui batas level pergerakan harga. Dengan memanfaatkan kedua indikator ini kita dapat menemukan probabilitas kemenangan yang tinggi.

Pengetahuan Tentang Bollinger Bands dan Support Resistance

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait indikator bollinger bands, diantaranya adalah pemahaman mengenai midle band, upper band, dan lower band.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-1

Karena ini termasuk strategi jangka pendek, maka anda dapat melakukan opsi jangka pendek yang disesuaikan dengan timeframenya. Misal menggunakan time frame 5 menit maka opsi expiring time yang perlu di atur adalah 5 menit juga demikian juga untuk 1 menit.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-2

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance

Berikut beberapa poin yang perlu di persiapkan untuk trading dengan bollinger bands dan support resistance:

Menentukan Timeframe yang Sesuai

Anda bisa menggunakan timeframe 1 menit ataupun 5 menit. Semakin tinggi time frame yang anda pilih itu artinya anda perlu menunggu momen yang lebih lama.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-3

Memasang Indikator Bollinger Bands

Bollinger bands bisa dipasang dengan mudah dari tab indikator. Gunakan saja settingan default SMA 20 dengan langkah 2. Tidak perlu di ubah ubah lagi.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-4

Memasang Support Resistance

Penting sekali untuk bisa memasang support resistance dengan benar. Pemasangan garis SnR ini bisa anda temukan pada bagian indikator berupa garis horizontal. Karena sifatnya yang subjektif, maka anda harus benar-benar mengetahui tentang pemasangan garis indikator yang benar.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-5

Menentukan Jangka Waktu Trading

Expiring time atau jangka waktu tradingnya bisa anda sesuaikan sendiri dengan time frame yang digunakn. Contohnya seperti gambar di bawah ini dimana jika kita menggunakan time frame 5 menit maka kita dapat menggunakan expiring time sebanyak 5 menit pula.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-6

Melakukan Order sesuai Sinyal

Jenis instrumen yang dapat anda pilih untuk perdagangan kali ini adalah EURUSD. Selain fluktuasinya yang rendah aset trading satu ini juga memiliki kelebihan lain dalam hal liquiditas marketnya. Untuk menemukan sinyal tradingnya maka anda dapat melakukan 2 opsi berikut:

Aturan opsi naik:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-7

Saat harga menembus lower bands lalu di saat itu juga harga berada pada garis support maka kita lakukan opsi trade naik.

Aturan opsi turun:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-8

Saat harga menembus upper band dan tepat berada pada garis resistance maka kita lakukan opsi turun begitu kandil hijau yang break tadi menutup.

Praktik Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance

Inilah trading yang dilakukan pada tanggal 6 November mulai dari jam 9 sampai jam 10 atau dengan kata lain hanya 1 jam saja.

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-9

Inilah hasil ringkasan tradingnya yang bisa anda baca mulai dari bawah:

Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance-10

Berikut analisisnya:

  1. Candle break upper band dan berada pada garis resistance maka kita lakukan opsi naik namun kali ini kita mengalami kekalahan.
  2. Candle break upper band dan berada pada garis resistance maka kita lakukan opsi naik dan kali ini benar.
  3. Candle break lower band dan berada pada garis support bawah maka kita lakukan opsi naik seperti yang anda lihat analisanya benar.
  4. Candle break lower band dan berada pada garis support bawah maka kita lakukan opsi naik seperti yang anda lihat analisanya benar.

Pro dan Kontra Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance

Tiap strategi tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kami berikan beberapa penjelasan mengenai pro kontra strategi trading bollinger bands dan support resistance:

Pro:

Akurasi cukup tinggi

Akurasi trading satu ini bisa dikatakan lebih dari 70% dan itu sudah cukup bagus untuk mendapatkan penghasilan tiap harinya. Asalkan anda mengikuti tiap rulenya dengan baik dan tidak gegabah maka bisa mendapatkan akurasi yang lebih tinggi.

Strategi yang aman

Dengan strategi ini anda tidak akan kehabisan modal anda hingga mencapai $0. Jadi bisa dikatakan bahwa strategi ini aman digunakan asalkan anda memahami money manajemen dan risk manajemen yang tepat.

Melatih kedisiplinan

Kedisiplinan adalah hal yang wajib kita miliki sebagai trader sukses. Semakin disiplin maka kesempatan untuk mendapatkan peluang juga semakin besar. Kedisiplinan yang digabungkan dengan kesabaran dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Kontra

Sinyal yang muncul sedikit

Jika anda menggunakna pair EURUSD dalam jangka waktu 1 menit maka dalam seminggu anda bisa mendapatkan 8 order saja jika trading khusus di pagi hari mulai dari pukul 09.00 – 11.00.

Termasuk reversal trading

Bagi para pecinta follow trend tampaknya strategi ini kurang cocok untuk anda. Hal ini mengingat strategi trading di Olymp Trade dengan indikator RSI dan bollinger bands ini adalah counter trend trading.

Hanya bisa digunakan dalam jangka pendek

Sebenarnya bisa dalam time frame yang lebih besar tapi peluang kemunculannya akan sangat minim dan profitabilitas akan jadi berkurang. Tentunya kita tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Selain itu trading jangka pendek merupakan trading yang melelahkan dan butuh konsentrasi ekstra.

Demikianlah strategi trading di Olymp Trade dengan indikator RSI dan bollinger bands yang bisa anda terapkan untuk trading di live account maupun mencobanya dulu di akun demo. Yang penting selalu jaga keamanan dana agar jangan sampai mengalami kerugian.
 

Rekomendasi
Apakah Martingale adalah Strategi Pengelolaan Modal Teridiot untuk Trading?
Bagi anda yang sudah lama berkutik dalam dunia trading tentunya sudah sangat memahami apa itu martingale. Mungkin anda sendiri secara tidak sadar sering menggunakan model pengelolaan strategi satu ini. Namun apakah martingale adalah strategi pengelolaan modal teridiot untuk trading? Mari kita bahas dengan detail dalam artikel kali ini.