Pengertian Indikator SMA

Indikator SMA (Simple Moving Average) merupakan salah satu indikator yang berperan penting dalam hal analisa trading. Dasar dari indikator ini ialah rata-rata harga selama periode tertentu. SMA bisa digunakan untuk analisa jangka pendek maupun jangka panjang sesuai dengan periode yang dipilih.

Cara Setting Indikator SMA

Strategi kali ini menggunakan 2 buah indikator SMA yakni SMA 4 dan SMA 30. Untuk memasang serta mengaturnya anda dapat mengikuti tata caranya di bawah ini:

Pilih tab indikator dan klik SMA

Strategi Trading 5 Menit di Olymp Trade Menggunakan Indikator SMA-1

Pasang 2 buah indikator SMA

Strategi Trading 5 Menit di Olymp Trade Menggunakan Indikator SMA-2

  • Garis biru di atas merupakan SMA 4 untuk mengetahui trend jangka pendek.
  • Garis merah adalah SMA 30 untuk mengetahui trend jangka panjang.

Cara Trading dengan Indikator SMA

Sesuai judul kita akan melakukan trading menggunakan opsi expiring time 5 menit. Untuk itu anda perlu mengatur jangka waktu tradingnya menjadi 5 menit.

Setting timeframe yang sesuai

Gunakan timeframe 1 menit agar anda bisa melakukan trading dalam jangka waktu 5 menit. Bila anda ingin menggunakan timeframe besar maka opsi expiring time juga harus di atur lebih besar.

Menangkap sinyal trading

Strategi Trading 5 Menit di Olymp Trade Menggunakan Indikator SMA-3

Order naik:

Untuk melakukan order naik anda dapat melakukannya jika menemukan kondisi:

  • SMA 4 memotong garis SMA 30 dari bawah ke atas seperti di gambar.
  • Candle bullish harus memotong kedua garis tersebut dengan sempurna.

Order turun:

Sedangkan untuk melakukan order turun anda dapat melakukannya jika menemukan kondisi:

  • SMA 4 memotong garis SMA 30 dari atas ke bawah seperti gambar di atas.
  • Candle bearish harus memotong kedua garis tersebut dengan sempurna.

Strategi ini sangat cocok untuk pair yang volatil seperti GBPUSD, GOLD, Bitcoin karena semakin berfluktuasi maka peluang kemenangan semakin tinggi.

Demikianlah strategi trading 5 menit di Olymp Trade menggunakan indikator SMA. Karena sangat mudah dipahami tentunya anda bisa menerapkan sendiri ke dalam trading yang anda lakukan. Dan selalu ingat bahwa apapun strategi yang anda gunakan harus mempertimbangkan money management sebaik mungkin.
 

Rekomendasi
Strategi Trading di Olymp Trade dengan Bollinger Bands dan Support Resistance
Antara support resistance dan Bollinger Bands keduanya memiliki perbedaan fungsi serta penggunaannya. Untuk bollinger bands merupakan indikator trend sementara support resistance berguna untuk mengetahui batas level pergerakan harga. Dengan memanfaatkan kedua indikator ini kita dapat menemukan probabilitas kemenangan yang tinggi.
Strategi Pengelolaan Modal di Fix Time Trade Olymp Trade
Olymp Trade adalah pialang yang menawarkan 2 market sekaligus yakni forex dan fix time trade. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan untuk trading di market tersebut pun butuh strategi yang berbeda pula. Salah satunya dalam hal pengelolaan modal, dalam fix time trade tidak mengenal adanya cut loss atau stop loss karena semua order ditentukan berdasarkan waktu.