Grafik harga merupakan sekumpulan perubahan harga dari suatu aset dalam rentang waktu tertentu. Dengan bantuan grafik harga ini seorang trader mampu mengamati perubahan harga di masa lampau sehingga bisa menganalisis tentang harga yang akan dibentuk di masa mendatang. 

Dari waktu ke waktu grafik berkembang sesuai dengan kebutuhan seiring zaman. Masing-masing grafik memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. Di awal pembentukan grafik harga hanya berupa grafik titik titik, lalu dihubungkan dengan grafik garis, dan karena kebutuhan terhadap perubahan harga terus berkembang maka munculah candlestick / kandil Jepang.

Untuk memenuhi kebutuhan masing-masing trader, maka pihak Olymp Trade memiliki 4 jenis grafik yang terdiri atas:

  1. Grafik zona
  2. Grafik batang
  3. Grafik candletick
  4. Grafik heiken ashi

Masing-masing grafik tersebut erat kaitannya dengan strategi yang digunakan oleh tiap trader. Namun jika dilihat dari kepopulerannya, tentu candlestick merupakan grafik harga terpopuler karena memiliki kemudahan dalam penggunaannya serta memuat informasi yang lengkap mulai dari pembukaan penutupan harga dan harga tertinggi / terendahnya.

4 Jenis Grafik Harga di Olymp Trade

Ada 4 jenis grafik harga di Olymp Trade yang dapat anda pilih, berikut masing-masing penjelasannya:

Grafik Zona

Jenis-Jenis Grafik Harga yang Terdapat di Olymp Trade-1

Grafik zona merupakan pengembangan dari grafik garis namun dibuat dalam bentuk zona harga yang membuatnya lebih mudah dipahami oleh sebagian trader. Grafik satu ini merupakan yang paling sederhana dari 4 grafik yang terdapat di Olymp Trade. Tiap titik titik harganya hanya menampilkan close dari tiap rentang waktunya sehingga bisa dikatakan indikator ini tidak respon dengan perilaku harga keseluruhan. Grafik zona lebih sering digunakan untuk melihat pergerakan harga dalam jangka panjang karena grafiknya yang lebih simpel dan bersih.

Grafik Batang

Jenis-Jenis Grafik Harga yang Terdapat di Olymp Trade-2

Bila anda pernah menggunakan metatrader, maka grafik batang ini disebut sebagai bar chart. Grafik ini sebenarnya versi terbatas dari candlestick karena memuat informasi yang mirip dengan candelstick mulai dari open high low dan close. Namun dari segi tampilan indikator ini justru jadi sulit dipahami dan terkesan membuat grafik tampak lebih rumit. Untuk itu indikator ini jarang sekali atau bahkan tidak ada yang menggunakannya saat ini.

Grafik Candlestick /  Kandil Jepang

Jenis-Jenis Grafik Harga yang Terdapat di Olymp Trade-3

Bisa dikatakan bahwa lebih dari 95% trader dunia saat ini menggunakan candlestick / kandil Jepang. Berbeda dengan candlestick sebelumnya kandil Jepang ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Tampilan tidak rumit pada semua timeframe
  • Perubahan warna yang jelas antara naik dan turun
  • Mudah dipahami oleh trader pemula sekalipun
  • Pergerakan dan perilaku harga tampak jelas
  • Mudah diaplikasikan dengan indikator apapun
  • Banyak strategi sederhana yang bisa dibuat

Grafik Heiken Ashi

Jenis-Jenis Grafik Harga yang Terdapat di Olymp Trade-4

Heiken ashi berbeda dengan grafik harga pada umumnya karena perhitungan kerjanya yang berbeda. Grafik harga satu ini lebih mementingkan kemudahan pengenalan terhadap arah trend baik jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga anda bisa memahami dari perbedaan warna grafik yang tersedia. Bagi anda yang suka trading fix time trade di Olymp Trade, Heikin Ashi bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan.

Tips Memilih Grafik Harga yang Tepat

Bingung mau pilih grafik mana yang sekiranya sesuai dengan gaya trading anda? Berikut kami berikan beberapa tips memilih grafik harga yang tepat:

  • Bila ingin melihat perubahan harga dalam rentang waktu yang panjang maka anda bisa pilih grafik zona
  • Bila anda trader jangka pendek, maka memilih menggunakan grafik batang merupakan pilihan yang tepat
  • Bila ingin yang akurat dan bisa digabungkan dengan strategi manapun maka candlestick lah yang harus dijadikan pilihan utama
  • Bila yang anda cari kemudahan dalam trading terutama fix time trade, maka grafik heiken ashi merupakan grafik yang paling sesuai

Itulah beberapa jenis grafik harga yang terdapat di Olymp Trade dan anda sendiri bisa memilihnya sesuai dengan kemudahan penggunaan menurut pribadi anda masing-masing. 
 

Rekomendasi
Cara Menggunakan Candlestick Evening Star di Olymp Trade
Evening star merupakan salah satu formasi candlestick yang memiliki akurasi tinggi dan biasa diandalkan oleh para trader profesional untuk mendapatkan titik terbaik melakukan opsi turun atau sell. Jika muncul candlestick satu ini biasanya akan terjadi pembalikan arah market maupun retrace sementara.
Cara Menggunakan Trade Bebas Risiko di Olymp Trade untuk Meminimalisir Kerugian
Trade bebas risiko adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika kita upgrade ke akun VIP Olymp Trade. Namun banyak trader yang sudah upgrade ke akun VIP tapi mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu dikesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa informasi seputar cara menggunakan trade bebas risiko di Olymp Trade.