Strategi trading tiap orang tentu berbeda-beda. Masing-masing punya metode favorit nya sendiri yang menurut mereka lebih efektif dan cocok untuk kepribadiannya. Namun bila anda sedang bingung mencari strategi yang efektif dan simpel, maka kami akan memberikan salah satu strategi terbaik yang bisa digunakan oleh semua trader yakni support dan resistance.

Support dan resistance bisa digunakan dan diaplikasikan dengan hampir semua metode trading yang berbeda karena bisa dikatakan support resistance ini adalah basic atau dasar dari trading. Demikian pula jenis market yang digunakan baik itu forex maupun fix time trade di platform option seperti Olymp Trade bisa diaplikasikan strategi ini. Untuk itu dengan memahami support dan resistance secara menyeluruh berarti anda dapat mengetahui dengan detail mengenai dasar dari ilmu trading.

Memahami 3 Aturan Penting dalam Trading

Seperti yang kita ketahui bahwa trading adalah permainan probabilitas dan emosi. Agar kita bisa memenangkannya maka perlu memahami 3 aturan yang krusial yakni:

Fokuslah pada 1 Teknik yang Efektif

Seringkali trader menggunakan banyak strategi yang terus bergantian tiap harinya. Hingga saat mereka menyadari bahwa semua strategi tidak berguna karena akun selalu hangus mereka lebih fokus memilih strategi yang simpel dengan probabilitas yang tinggi.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-1

Cobalah untuk berlatih trading dengan berfokus di 1 instrumen dengan 1 teknik yang dapat anda andalkan. Ini jauh lebih baik bagi anda terutama yang suka trading dengan range jangka pendek atau biasa disebut day trader.

Misalnya jika anda memilih trading di EURUSD dengan jangka waktu harian maka pilihlah timeframe 5 menit dengan strategi support resistance yang dipadukan dengan SMA 50. Setiap ada peluang naik kita lakukan order UP dan saat ada peluang turun lakukan order turun. Jika probabilitas kemenangannya di atas 70% tentu sudah sangat menguntungkan.

Trading Hanya Saat Ada Peluang

Tiap peluang yang muncul tentunya punya probabilitas yang berbeda-beda. Lebih baik kita kehilangan peluang yang memiliki probabilitas rendah daripada kehilangan uang karena trading pada peluang dengan probabilitas yang rendah. Kesabaran dalam trading adalah hal yang perlu kita utamakan, tunggulah sampai probabilitas besar muncul baru kita lakukan open posisi untuk menentukan up atau down.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-2

“Sayangi uang anda” karena trading adalah untuk mencari keuntungan, bukan untuk menghabiskan modal hingga menghangusan akun secara total. Tiap harinya dalam 1 instrumen trading pasti ada setidaknya 1 peluang yang memiliki probabilitas tinggi, jadi menunggu momen itu datang adalah jauh lebih baik dan lebih menghemat waktu dan tenaga anda.

Jangan Biarkan Emosi Negatif Menguasai Anda

Emosi tidak hanya akan meruntuhkan kepercayaan diri tapi juga menghilangkan akal sehat kita. Membiarkan emosi meluap-luap saat sedang trading hanya akan menimbulkan masalah baru yakni akan salah dalam mengambil tiap keputusan yang tepat. Semua pengambilan keputusan yang didasari oleh emosi negatif tentu akan berdampak negatif pula.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa trading fix time trade di Olymp Trade ini adalah soal probabilitas semata. Jadi saat anda beruntun kalah maka akan mengalami kondisi yang tertekan dan menuntun emosi anda untuk bersikap tidak normal. Untuk itu jika emosi negatif sedang meluap luap segera matikan komputer / HP anda atau bisa tutup aplikasi Olymp Trade lalu buka kembali di hari keesokannya.

Tips Money Management Trading di Olymp Trade

Pengelolaan modal atau money management menentukan seberapa lama tahan akun trading kita. Bila anda melakukan manajemen modal sejak awal dengan bagus tentunya trading akan tetap stabil dan terus mendapatkan keuntungan dari waktu ke waktu.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-3

Bila anda menyukai trading dengan pengelolaan modal yang berlipat maka anda bisa menggandakan modal awal 2 kali lipat di tradenya seperti di screenshot di atas. Namun probabilitas kemungkinannya juga harus tinggi agar uang tidak ludes tiap melakukan tradenya.

Menentukan Target Trading di Olymp Trade yang Aman

Trading adalah bisnis yang sangat berisiko, kita dapat dengan mudah kehilangan sebagian ataupun keseluruhan modal yang kita miliki. Kita bisa mencoba meminimalis risiko yang besar itu dengan memperkecil target keuntungan yang kita dapatkan. Walau target kecil sekalipun bila kita memiliki modal besar tentunya hasilnya tetap saja menguntungkan bukan?

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menentukan target trading di Olymp Trade terutama trading tipe fix time trade agar aman:

Tarik Modal Awal

Pertama-tama anda tentunya tidak boleh trading dengan uang panas atau uang yang benar-benar anda butuhkan untuk kegiatan sehari-hari anda. Gunakan uang dingin yang memang tidak terlalu anda pedulikan seperti uang sisa gajian bulanan atau uang khusus untuk investasi. Setelah anda tradingkan dan mendapatkan untung, maka tariklah modalnya dan gunakan keuntungan tadi untuk trading dari awal.

Tetapkan Target dengan Wajar

Tidak ada target baku dalam trading. Ada yang 1% tiap bulan, 5% per bulan, hingga ada yang ratusan bahkan ribuan persen tiap bulan. Tiap individu punya strategi yang berbeda demikian pula dengan target yang ditetapkannya. Yang terpenting adalah cukup menurut kita pribadi masing-masing. Jika 1% perbulan sudah cukup yang targetlah segitu, jika 1000% per bulan baru cukup maka kejar target itu.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif

Kebanyakan teknik support resistance yang kita jumpai merupakan teknik reversal atau trading lawan arah. Padahal teknik lawan arah bisa dikatakan kurang aman karena kita melawan kondisi pasar terkini. Trend bisa tiba-tiba meneruskan penguatan hingga akun kita selalu merugi. Untuk itu disini kami ingin memberikan cara trading di Olymp Trade dengan support dan resistance yang efektif serta aman.

Settingan Chart untuk Support Resistance

Settingan ini sifatnya fleksibel. Namun kami telah memiliki pengalaman yang bagus dengan aset trading / instrumen EURUSD dan melakukan trading pada pagi hari ataupun sore hari dengan rate pembayaran di atas 75%. Bila di bawah itu anda bisa melewatkannya karena walau kemenangan lebih banyak kita bisa saja mengalami kerugian.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-4

Pasang SMA 30 sebagai dinamik support resistance serta indikator RSI 14 (default) sebagai penentu momentum harga terkini. Setelah itu anda setting grafik pada 5 menit time frame dan untuk meningkatkan probabilitas trading atur saja expiring time nya menjadi 10. Jika terlalu lama kita bisa rugi, jika terlalu pendek banyak noise juga yang menyebabkan kita sulit mendapatkan akurasi yang bagus.

Cara Entry dengan Support Resistance

Trend line dan horizontal line adalah tools trading yang wajib ada di chart kita saat ingin trading menggunakan support resistance. Jadi pengetahuan tentang pergerakan harga mulai dari trend, level, candlestick, high low dan sebagainya harus anda pahami dulu.

Salah satu momen peluang trading dengan support resistance yang memiliki akurasi tinggi adalah saat retrace pertama kali. Retrace sendiri adalah kondisi harga yang berbalik arah tapi sifatnya hanya sementara untuk menguji trend sebenarnya. Berakhirnya retrace di sebut sebagai titik test / test poin.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-5

Contohnya seperti gambar di atas anda bisa memahami pergerakan harga yang melakukan retrace selama 2 kali apda downtrend. Ditunjukan juga oleh garis SMA yang mengarah ke bawah dan RSI di bawah level 50. Kandil yang terdapat pada titik test juga bisa kita jadikan acuan saat pengambilan keputusan dalam trading.

Untuk pasar uptrend pun sama, anda bisa melihatnya pada gambar berikut ini. Trading tanpa melawan trend itu jauh lebih bagus dan lebih aman bukan?

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-6

Bila anda masih bingung dalam menentukan cara entry yang tepat berikut kami sajikan beberapa tipsnya:

Support menjadi resistance

Support become resistance sering disebut sebagai SR Flip untuk kondisi market tertentu. Kita bisa mengambil entri saat harga retest ke resistance yang dicirikan dengan:

  • Market sudah menunjukan adanya lower high
  • RSI mengarah ke atas dari 30 ke 70
  • Break SMA30 dari atas ke bawah lalu memantul ke SMA30 atas lagi

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-7

Resistance menjadi support

Ini merupakan kebalikan dari nomor 1 di atas dengan cirikan:

  • Harga sedang menunjukan adanya retrace penurunan
  • RSI mengarah ke bawah dari 30 ke 70
  • SMA30 tepat pada titik test atau sebelumnya telah break dahulu

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-8

Praktik Strategi Support dan Resistance

Berikut adalah log transaksi trading di Olymp Trade yang di lakukan pada tanggal 30 Mei:

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-9

Dari 6 transaksi 5 kali menang dan 1 kali kalah. Nah kekalahan maupun kemenangan ini lebih aman karena tiap transaksi kemenangan sebagian modalnya kami ambil / tarik.

Penjelasan Log Transaksi Trading:

Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif-10

  1. Terdapat kandil hammer dan mengetes area support seperti yang terdapat di garis maka kemungkinan besar akan up
  2. Garis merah panjang adalah garis resistant menjadi support yang cuku kuat sehingga saat mengenai garis itu harga akan memantul up
  3. Harga kembali ke garis itu lagi dengan ditambah adanya candle doji maka kemungkinan besar akan terjadi kenaikan harga lagi
  4. Harga kembali ke garis itu lagi tanpa ditambah adanya candle doji maka kemungkinan up tapi ternyata down
  5. Harga mengetes zona support yang menjadi resistance tadi dan ternyata benar harga akan down seperti di tas
  6. Harga kembali mengetes zona support yang menjadi resistance tadi dan ternyata harga down lagi

Keamanan dalam Trading Support dan Resistance

Keamanan trading menggunakan support resistance sangat erat kaitannya dengan pengelolaan modal. Anda bisa menerapkan pengelolaan modal seperti yang dibahas di atas agar keamanan modal anda lebih terjamin tanpa takut akun akan mengalami kerugian yang terus menerus.

Selain itu dari segi pemilihan pair mata uang / instrumen tradingnya juga sangat penting. Disini kita hanya gunakan EURUSD karena terbukti lebih liquid dengan volatilitas yang lebih rendah serta membentuk area support resistance yang lebih jelas.

Penutup

Jika anda seorang trader sejati tentunya anda harus terus belajar dan terus belajar demi meraih semua pemahaman mengenai ilmu trading. Setiap strategi itu ada kelebihan dan kekurungannya masing-masing, namun dengan trading yang lebih bijak tanpa mengedepankan emosi serta disiplin dengan aturan strategi trading kita sendiri maka itu akan membuat kita lebih sukses menjadi seorang trader.

Itulah cuplikan mengenai cara trading di Olymp Trade dengan support resistance yang bisa kamu andalkan. Walau strategi ini terbilang sederhana, namun tetap saja bisa memberi keuntungan banyak bagi diri anda asalkan bisa memahaminya dengan baik.
 

Rekomendasi
Cara Menggunakan Trade Bebas Risiko di Olymp Trade untuk Meminimalisir Kerugian
Trade bebas risiko adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika kita upgrade ke akun VIP Olymp Trade. Namun banyak trader yang sudah upgrade ke akun VIP tapi mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu dikesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa informasi seputar cara menggunakan trade bebas risiko di Olymp Trade.