Mengenal Indikator Zig Zag di Olymp Trade

Indikator zig zag merupakan indikator yang digunakan untuk melihat fluktuasi harga berdasarkan acuan swing high dan swing low agar pandangan terhadap market lebih jelas. Zig zag biasa digunakan oleh para trader profesional yang menggunakan strategi trading price action yang mana mereka memanfaatkan pola-pola pergerakan harga dan price movement.

Zig zag tidak seperti indikator moving average maupun indikator trend lainnya. Ia hanya menampilkan garis garis yang pernah di lalui harga dari suatu instrumen market. Ia tidak memberikan pandangan terhadap perubahan harga di masa depan secara langsung, tapi bisa menjadi acuan analisa atas perubahan harga yang terjadi di masa lalu.

Seperti namanya, zig zag berarti pergerakan yang berlawanan arah yang terjadi secara berulang-ulang. Ini sama seperti indikator zig zag yang akan menampilkan pergerakan ke atas bawah dari sebuah harga yang cara kerjanya dengan mengidentifikasi top dan bottom suatu grafik.

Cara Memasang Indikator Zig Zag di Olymp Trade

Di halaman chart, indikator ini sudah tersedia tanpa perlu menginstal dari luar. Kita sangat beruntung karena pihak Olymp Trade menyediakan indikator ini secara gratis dan tinggal pasang saja. Bahkan di platform metatrader 4 dan 5 versi smartphone indikator tersebut tidak tersedia dan hanya bisa dinikmati via PC.

Nah untuk memasang indikator zig zag di Olymp Trade kita perlu melakukan beberapa langkah. Diantaranya: 

Masuk ke dalam akun Olymp Trade 

Anda harus masuk ke dalam akun Olymp Trade baik dari PC maupun via aplikasi smartphone. Tentunya anda harus sudah punya akun dulu, jika belum anda bisa registrasi terlebih dahulu.

Klik tab indikator lalu pilih zig zag

Di bagian kiri atas ada tombol indikator, anda bisa tekan tombol tersebut dan nantinya akan menampilkan semua pilihan indikator di bagian sebelah kiri chart harga. Setelah itu pilih indikator zig zag yang posisinya ada di pilihan paling bawah dengan cara mengklik tulisan tersebut.

Cara Menggunakan Indikator Zig Zag di Olymp Trade-1

Setting indikator zig zag

Setelah indikator zig zag terpasang, maka pada bagian halaman chart akan muncul toolbar yang berguna untuk mengatur tingkat kedalaman rentang waktu serta % deviasi. Apabila anda atur kedalaman dengan angka yang lebih besar, maka fluktuasi harga jangka pendek akan terabaikan. Bila anda adalah seorang trader jangka pendek, maka biarkan settingan indikator ini secara default.

Cara Menggunakan Indikator Zig Zag di Olymp Trade-2

Cara Menggunakan Indikator Zig Zag di Olymp Trade

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa indikator zig zag ini lebih sering digunakan oleh para profesional trader. Hal ini karena untuk bisa menggunakan indikator ini dengan baik maka trader harus menguasai chart pattern secara lengkap serta harus bisa memahami high low sesuai aturan elliot wave.

Bila anda sudah memahaminya, maka akan sangat mudah dalam menggunakan indikator ini. Karena pada dasarnya ini berguna untuk memfilter grafik candlestick yang lebih rumit agar tampak lebih simpel. Tentu dengan melihat grafiknya saja, anda akan mampu memahami pergerakan harga berdasarkan top dan bottom yang ditampilkan dari indikator zig zag ini.

Cara Menggunakan Indikator Zig Zag di Olymp Trade-3

Indikator ini juga sangat cocok bila dipadukan dengan analisa menggunakan SnD maupun SnR yang diperkuat menggunakan fibonnaci level seperti yang dicontohkan pada gambar di atas. Karena pada dasarnya seorang trader price action akan hanya mengandalkan pergerakan harga di masa lalu untuk menentukan apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Karena indikator ini sifatnya jangka panjang, maka bila anda trading di Olymp Trade dengan menggunakan timeframe 1 menit maka opsi expiring time yang dapat dipilih ialah antara 10-30 menit. Jika terlalu sedikit ataupun terlalu lama dalam memilih waktunya maka potensi loss bisa semakin besar.

Itulah cara menggunakan indikator zig zag di Olymp Trade yang dapat anda coba. Tentunya inidikator ini tidak bisa berdiri sendirian, kita tetap memerlukan bantuan tools lain agar hasilnya semakin maksimal
 

Rekomendasi
Cara Menggunakan Indikator Bears Power di Olymp Trade
Sebagai salah satu platform trading tercanggih, Olymp Trade menghadirkan fitur fitur penting termasuk indikator bears power yang akan membantu trading jadi semakin mudah. Kita bisa mengaplikasikan indikator ini secara langsung karena sudah terintegrasi di platform Olymp Trade.
Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif
Strategi trading tiap orang tentu berbeda-beda. Masing-masing punya metode favorit nya sendiri yang menurut mereka lebih efektif dan cocok untuk kepribadiannya. Namun bila anda sedang bingung mencari strategi yang efektif dan simpel, maka kami akan memberikan salah satu strategi terbaik yang bisa digunakan oleh semua trader yakni support dan resistance.