Mengenal Lebih Dekat dengan Indikator RSI

RSI (Relative Strength Index) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai indeks kekuatan relatif merupakan salah satu indikator tipe oscilator yang bekerja dengan memanfaatkan momentum pergeraakan harga. RSI ini termasuk indikator jenis teknikal yang sangat populer dan dipakai oleh para trader profesional.

Indikator ini diciptakan oleh analis teknikal keuangan ternama yang bernama J. Welles Wilder. Hampir mirip dengan stochastic, RSI sama-sama memiliki rentang pergerakan mulai 0 – 100 namun batas skala yang dimilikinya beda, yakni dengan batas atas 70 dan batas bawah 30. Jika melebihi itu dikatakan sebagai kondisi overbought atau oversold.

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade-1

Tidak hanya digunakan untuk mengetahui momentum harga saja, RSI juga mampu menunjukan beberapa manfaat sekaligus, diantaranya untuk:

  • Melihat harga jenuh pada overbought atau oversold
  • Menentukan arah trend dengan lebih baik
  • Menentukan titik dinamik support and resistant
  • Melihat potensi retrace maupun reversal
  • Menunjukan reversibilitas serta intensitas kekuatan trend

Kita juga dapat mengukur sebuah trend dari titik tengah garis RSI yakni garis 50. Di area ini biasanya terjadi kebimbangan para pelaku pasar, sehingga jika sudah berada di garis 50 maka harga kadang memantul ataupun meneruskan trendnya. Jadi anda dapat menentukan trend dengan lebih jelas dengan bantuan dari garis 50 RSI ini.

Cara Memasang Indikator RSI di Olymp Trade

Olymp Trade adalah platform yang sangat kaya fitur, baik itu tools maupun indikator yang tersedia. Semua jenis indikator populer sudah tersedia di Olymp Trade sehingga kita tidak perlu menambahkan indikator dari luar. Termasuk juga RSI yang bisa digunakan langsung oleh para penggunanya.

Cara memasang indikator RSI di Olymp Trade sangatlah mudah, berikut kami berikan tata cara penggunaannya yang bisa anda lakukan:

Masuk ke dalam antar muka Olymp Trade

Untuk pertama kalinya, tentu anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam akun Olymp Trade. Namun bila anda masih belum memiliki akun, maka anda harus mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran sangat cepat kok, hanya dalam hitungan beberapa menit saja.

Klik tab indikator lalu pilih RSI

Simbol indikator adalah seperti yang kami lingkari kotak merah di bawah, setelah itu anda tinggak klik RSI pada bagian sidebar sebelah kiri.

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade-2

Menyetel Indikator RSI

Apabila indikator sudah terpasang, sekarang tinggal setel sesuai kebutuhan. Secara default, indikator RSI menampilkan angka 14 dengan garis warna utamanya berwarna ungu. Serta terdapat garis 30 yang berwarna hijau, garis 50 yang berwarna putih dan garis 70 yang berwarna merah.

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade

Seperti yang kami ulas di atas adalah bahwa indikator RSI ini merupakan indikator oscilator yang pergerakannya dengan mengukur momentum suatu harga. Untuk itu kita dapat memanfaatkannya dalam memperkirakan harga yang akan terjadi kedepannya.

Disini kami akan memberikan 2 cara menggunakan indikator RSI yang simpel dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut caranya:

RSI Overbought dan Oversold

Overbought adalah kondisi harga yang sudah jenuh terhadap pembelian. Hal ini terjadi karena banyaknya pelaku pasar yang melakukan pembelian dalam jumlah sangat besar dan dalam waktu yang relatif cepat. Kondisi yang sudah overbought memungkinan harga untuk berbalik, baik itu sekedar retrace maupun reversal karena pelaku pasar ramai-ramai akan menjualnya.

Oversold adalah harga jenuh terhadap penjualan yang merupakan kebalikan arah dari oversold. Kita bisa memanfaatkan oversold untuk meraih profit dengan memanfaatkan timing yang tepat untuk melakukan pembelian aset. Karena di kondisi ini para pelaku pasar cenderung lebih memilih untuk memborong instrumen yang telah mereka jual sebelumnya.

Nah kita dapat menggunakan kondisi overbought maupun oversold untuk meraih profit di perdagangan fix time trade Olymp Trade. Berikut caranya:

Opsi naik:

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade-3

Kita bisa melakukan opsi naik apabila harga telah bergerak ke area oversold lalu balik lagi ke atas melewati garis RSI 30 seperti yang nampak pada gambar di atas. Jika anda membuka timeframe 1 menit, maka bisa memilih order opsi naik dengan expiring time 10 menit. 

Opsi turun:

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade-4

Untuk melakukan opsi turun maka kita harus menunggu harga masuk ke dalam area overbought yang ditandai dengan indikator RSI yang berada di atas garis 70. Anda bisa melakukan opsi turun setelah terkonfirmasi adanya garis RSI yang memotong garis 70 seperti yang kami lingkari di gambar di atas. Jika anda membuka timeframe 5 menit, maka pilihlah opsi expiring time 1 jam. Jangan terlalu cepat ataupun terlalu lama.

RSI Divergensi

Divergensi memberikan sinyal yang cukup akurat dengan ketepatan di atas 80%. Walau begitu momen menemukan RSI divergensi cukup langka, untuk itu kita harus selalu melihat chart saat ada kesempatan agar bisa menemukan momen divergensi ini.

Cara Menggunakan Indikator RSI di Olymp Trade-5

Cara menggunakan RSI divergensi mudah. Kita cukup menemukan penurunan ataupun kenaikan pada RSI tapi pergerakan harganya sebaliknya. Seperti yang anda amati di gambar di atas bahwa RSI sudah menunjukan penurunan, tapi grafik harga masih naik maka itu menunjukan akan terjadi downtrend jangka pendek maupn jangka panjang sehingga anda bis membuka opsi turun di titik divergensi tersebut.

Bagaimana, mudah bukan cara menggunakan RSI di Olymp Trade? Anda bisa berlatih di akun demo  terlebih dahulu untuk menentukan keakuratan yang lebih besar sehingga rasio kemenangan akan mengikutinya.
 

Rekomendasi
Cara Menggunakan Indikator Bollinger Band di Olymp Trade
Dalam praktiknya, indikator ini memiliki banyak fungsi sekaligus. Diantaranya adalah sebagai penanda reversal, dinamik support resistance, melihat kejenuhan harga, mengetahui tingkat momentum harga dan sebagainya. Banyak trader pro di Olymp Trade yang menggunakan indikator ini karena dapat dijadikan rujukan yang kuat dalam analisa teknikal.
Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif
Strategi trading tiap orang tentu berbeda-beda. Masing-masing punya metode favorit nya sendiri yang menurut mereka lebih efektif dan cocok untuk kepribadiannya. Namun bila anda sedang bingung mencari strategi yang efektif dan simpel, maka kami akan memberikan salah satu strategi terbaik yang bisa digunakan oleh semua trader yakni support dan resistance.