Mengenal Jenis Grafik Harga Heiken Ashi

Heiken ashi merupakan salah satu jenis grafik harga yang menggunakan model grafik lilin / candlestick. Walau bentuknya mirip atau bahkan sama dengan candlestick standar (tipe OHLC), heiken ashi memiliki keunggulan tersendiri yang menjadikannya istimewa yaitu dari perhitungan algoritma yang mendasarinya.

Heiken ashi memang tidak sepopuler candlestick, karena pada dasarnya grafik harga satu ini tidak mencerminkan perubahan harga yang sebenarnya. Untuk itu penggunaan grafik ini pun harus dilakukan secara khusus agar dapat berfungsi dengan baik. Bagi anda yang trading menggunakan fix time trade di Olymp Trade maka heiken ashi ini sangat cocok digunakan oleh anda.

Perbedaan Candlestick dan Heiken Ashi

Cara Menggunakan Heiken Ashi untuk Bermain di Olymp Trade-1

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa candlestick dan heiken ashi terletak pada perhitungan rumusnya. Untuk rumus dari heiken ashi ini cukup rumit yakni:

  • Open = (pembukaan bar sebelumnya + penutupan bar sebelumnya) / 2 = harga tengah bar sebelumnya.
  • High = Maksimum (Open, High, Close) = harga tertinggi dari ketiganya.
  • Low = Minimum dari (Open, Low, Close) =  harga terendah dari ketiganya.
  • Close = (Open + High + Low + Close) / 4 = harga rata-rata bar saat ini.

Dengan perhitungan seperti demikian tentunya kita tahu bahwa tujuan dari heiken ashi ini adalah untuk melihat trend dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bila candle hijau muncul maka trend menunjukan kenaikan, bila grafik didominasi oleh bearish candle heiken ashi maka terjadi trend penurunan.

Heiken ashi lebih cocok digunakan untuk trading jangka panjang mengingat fungsinya sebagai penentu trend. Kita dapat memanfaatkan heiken ashi ini untuk memasang order naik maupun memasang order turun hanya dari perubahan warna candle tanpa harus terpaku pada price action maupun indikator pembantu lainnya.

Cara Beralih ke Grafik Heiken Ashi di Olymp Trade

Apabila anda ingin mengaktifkan heiken ashi maka anda perlu mengubahnya dari grafik zona maupun grafik candlestick yang terpasang saat ini. Anda bisa mengubah grafik ke heiken ashi hanya dari antar muka platform Olymp Trade seperti berikut ini:

Cara Menggunakan Heiken Ashi untuk Bermain di Olymp Trade-2

Dari antar muka chart Olymp Trade anda bisa langsung menekan toolbar indikator yang berada pada pojok kiri atas. Setelah itu anda akan menemukan 4 pilihan grafik berupa grafik zona, kandil jepang, heiken ashi dan grafik batang. Silakan anda pilih grafik heikin ashi dengan cara mengkliknya.

Cara Trading di Olymp Trade dengan Heiken Ashi

Mungkin anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara menggunakan heiken ashi untuk bermain di Olymp Trade. Maka dari itu di artikel kali ini kami akan memberikan informasi seputar trading jangka panjang dengan bantuan grafik harga heiken ashi. Alasan heiken ashi cocok digunakan untuk jangka panjang ialah karena fluktuasi harga yang ditunjukannya lebih mengacu dalam trend jangka panjang.

Ada beragam strategi yang dapat kita gunakan untuk trading menggunakan heiken ashi, namun kami akan berikan 2 strategi simpel yang mudah dipahami oleh semua orang, termasuk oleh pemula sekalipun. Berikut penjelasannya:

Memanfaatkan Trend Awal Heiken Ashi

Cara Menggunakan Heiken Ashi untuk Bermain di Olymp Trade-3

Dalam market sideway kita akan sangat sulit sekali mendapatkan uang. Justru bisa mengalami banyak kerugian bila tetap nekat untuk memasuki pasar sideway tersebut. Untuk itu kita bisa memanfaatkan trend awal suatu harga apakah akan naik maupun akan turun dengan menggunakan heiken ashi. Cara memanfaatkan heiken ashi untuk menangkap awal sebuah trend cukup mudah yakni:

Tentukan time frame yang tepat

Bila anda ingin trading jangka pendek dalam hitungan menit, maka gunakanlah time frame 1-10 menit, bila ingin jangka panjang dapat memilih 1 jam hingga 1 hari.

Temukan market sideway

Market sideway ditandai oleh candle heiken ashi yang kecil dan pendek-pendek baik bagian ekor maupun body candlenya. Harga pun bergerak secara terbatas naik turun dalam area tersebut.

Tunggu trend awal terbentuk

Trend awal terbentuk ditandai dengan munculnya candle panjang setelah market sideway. Sebagai contoh anda bisa melihat pada gambar di atas.

Menggabungkan Indikator Oscilator

Indikator tipe oscilator dapat berguna untuk mengetahui market yang sedang oversold maupun overbought, melihat volatilitas dan juga menangkap pergerakan trend suatu harga. Indikator oscilator yang dapat digabungkan dengan stochastick, RSI, MACD. Untuk indikator trend seperti bollinger band, EMA dan Ichimoku kurang cocok.

Cara Menggunakan Heiken Ashi untuk Bermain di Olymp Trade-4

Bila anda amati gambar di atas tentu begitu akurat saat heiken ashi digabungkan dengan stochastic. Kita dapat memanfaatkan pergerakan stochastic layaknya trading dengan menggunakan candlestick. Jadi saat stochastic memotong angka 20 dari bawah ke atas dan heiken ashi berwarna hijau maka kita lakukan opsi naik, bila memotong angka 80 dari atas ke bawah dan heiken ashi berwarna merah maka kita dapat melakukan opsi turun. Mudah sekali bukan?

Itulah dia beberapa cara menggunakan heiken ashi untuk bermain di Olymp Trade. Anda perlu berlatih di akun demo terlebih dahulu sebelum merencanakan untuk menggunakan teknik ini. Bila sudah lancar dan betul betul paham maka bisa di akun real baik di fix time trade maupun di forex terserah sesuka hati anda.
 

Rekomendasi
Jenis-Jenis Grafik Harga yang Terdapat di Olymp Trade
Grafik harga merupakan sekumpulan perubahan harga dari suatu aset dalam rentang waktu tertentu. Dengan bantuan grafik harga ini seorang trader mampu mengamati perubahan harga di masa lampau sehingga bisa menganalisis tentang harga yang akan dibentuk di masa mendatang. 
Cara Menggunakan Trade Bebas Risiko di Olymp Trade untuk Meminimalisir Kerugian
Trade bebas risiko adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika kita upgrade ke akun VIP Olymp Trade. Namun banyak trader yang sudah upgrade ke akun VIP tapi mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu dikesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa informasi seputar cara menggunakan trade bebas risiko di Olymp Trade.