Emosi kita selalu menemani perjalanan hidup kita dan dianggap sebagai ciri khas dari manusia. Namun, ada baiknya untuk mengetahui cara mengendalikan emosi ini, dan bukan hanya saat melakukan trading. Jangan mengharapkan saran yang bersifat umum apa pun dalam artikel ini, artikel ini berisi tips khusus tentang cara melawan dan mengendalikan emosi Anda. Anda bahkan akan mengetahui cara spesifik untuk berurusan dengan emosi yang kami gunakan sendiri.

Anda harus mengakui emosi Anda

Saya pribadi tidak begitu tertarik dengan emosi saya. Saya menekannya di depan umum dan saya juga tidak tertarik untuk memikirkannya pada waktu luang saya di rumah. Namun, ketika saya berkali-kali memikirkan kegagalan saya, saya menyadari bahwa mungkin emosi sayalah yang selama ini berada di balik semua itu.

Dan mengakui emosi Anda adalah langkah pertama menuju kesuksesan. Jika ada yang salah dalam trading Anda, pikirkanlah: Mengapa hal itu terjadi? Apakah itu benar-benar terjadi karena ketidaktahuan, atau karena kemarahan, ketidaksabaran, ketakutan atau kegugupan?

Anda mungkin senang dengan trading super-baik yang Anda hasilkan lalu mempertaruhkan sejumlah uang yang tidak Anda perlukan pada trading berikutnya, kemudian Anda mungkin ingin memaksa stop loss-nya. Hal ini seharusnya tidak pernah terjadi, karena trading seharusnya konsisten. Karena itu, Anda harus menyadari alasan untuk melakukannya.

Buku Harian - Catat emosi Anda

Apakah Anda bertengkar dengan keluarga? Apakah Anda takut untuk menghadiri rapat kerja atau berbicara dengan supervisor Anda? Apakah Anda agresif saat mengemudi atau melakukan trading? Jika demikian, carilah cara untuk mencatatnya. Saya pribadi, mulai menuliskan emosi saya ke dalam sebuah buku catatan kecil, tetapi kemudian saya beralih ke solusi online agar saya dapat membuat catatan kapan saja - lagipula, saya selalu membawa ponsel saya, jadi saya bisa mencatat pengalaman saya di mana pun saya berada, misalnya, "Saya marah karena mobil yang berjalan lambat." Dengan kata lain, ini memungkinkan saya untuk mencatat semua yang saya butuhkan.

Saya percaya dengan mencatat emosi ini sesegera mungkin setelah kemunculannya, adalah sesuatu yang sangat penting, sehingga emosi-emosi ini dapat diekspresikan setepat mungkin.

Saya menganalisis catatan-catatan ini di malam hari, kadang-kadang hanya seminggu sekali, kemudian saya menulis komentar - tentang apa yang seharusnya saya lakukan selanjutnya agar emosi saya tidak menguasai saya. Emosi hanyalah emosi dan akan selalu lebih baik untuk menganalisisnya ketika Anda sudah tenang dan berpikir serasional mungkin.

TIPS: Catat emosi yang Anda alami saat trading. Mengapa Anda menutup trading sebelum waktu yang semula Anda rencanakan? Apakah karena Anda takut bahwa tren akan berbalik, atau karena trading merespons ke tingkat harga yang penting? Apa cara terbaik untuk mempersiapkan trading berikutnya?

Keberuntungan lebih memilih mereka yang siap

Anda tidak akan pernah bisa sepenuhnya menghilangkan emosi, tetapi Anda bisa mempelajari cara menanganinya. Jika Anda dapat bersiap-siap untuk sesuatu, lakukanlah. Buku harian emosi yang disebutkan di atas dapat membantu Anda (baik buku catatan maupun ponsel).

Saya sendiri pernah takut berbicara dalam Bahasa Inggris dengan klien saya. Saya bisa berbicara dalam bahasa itu, tetapi ada suara kecil di belakang kepala yang berbicara kepada saya: bagaimana jika Anda tidak memahaminya? Saya kemudian mencatat ketakutan ini. Dalam panggilan pertama saya, keringat membasahi kaos saya, tetapi di malam hari saya menyadari bahwa saya telah melakukan semua yang saya inginkan. Jadi, saya mencatat “ketakutan itu tidak diperlukan,” dalam huruf tebal. Tentu saja, saya masih gugup dalam panggilan-panggilan berikutnya, tetapi semakin berkurang. Dan sekarang? Hal tersebut menjadi sebuah kenangan. Namun, saya masih memiliki emosi lain yang ingin saya hilangkan.

Jika Anda mengevaluasi situasinya, Anda bisa bersiap-siap untuk itu dan pada kesempatan selanjutnya, hal itu akan berjalan lebih baik untuk Anda. Jika tidak, catat semuanya dan evaluasi kembali.

Cara menangani serangan emosi yang akut

Ini adalah sesuatu yang pasti terjadi pada semua orang. Serangan emosi bisa sering terjadi, tetapi bisa juga sangat jarang. Terkadang Anda akan mengalami kegagalan dan Anda harus menghadapinya. Apa yang harus dilakukan dalam situasi ini? Setiap situasi akan berbeda-beda.

Saya sendiri pernah mengalami serangan ini saat ujian SIM, ujian kelulusan, ujian perguruan tinggi, ujian gelar, berbagai macam tes, wawancara kerja, percakapan dalam bahasa Inggris, presentasi, percakapan tidak menyenangkan, dan banyak lagi yang lainnya. Yang paling membantu saya dalam situasi-situasi ini adalah dengan menghadapinya dengan santai.
Jadi, semua ini tentang apa? Apakah ini tentang hidup? Akankah dunia berhenti jika saya tidak berhasil? Tidak, dunia tidak akan berhenti, dan Anda akan sedih, tetapi akan ada kesempatan lainnya, belum lagi ada hal-hal yang jauh lebih penting dalam hidup, seperti kesehatan, keluarga, dan sebagainya. Tentu saja, terkadang seseorang dapat menghadapi masa-masa yang sangat sulit karena beberapa masalah kesehatan keluarga, dan dalam kasus ini, hanya waktu yang dapat membantu Anda, tetapi ketika Anda harus melakukan wawancara dengan atasan Anda atau bertemu dengan klien, mengapa harus gugup? Tidak ada alasan untuk menjadi gugup, yang bisa Anda lakukan hanyalah mempersiapkan diri dan melihat bagaimana diri Anda menghadapi situasi tersebut. Anda akan siap, dan tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan.

Emosi dan trading

Di atas, kami menerapkan emosi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kasusnya sama dengan trading. Catat emosi Anda dan belajarlah dari catatan itu. Jika Anda tahu bahwa dalam waktu dekat, sesuatu akan membuat Anda tidak stabil secara emosional (dan tidak harus tentang trading), saya akan mempertimbangkan untuk tidak melakukan trading pada hari itu. Anda tidak sepenuhnya siap!

Saya pribadi bukan psikolog dan saya tidak menyukai saran-saran psikologis seperti ini, tetapi saya harap tips-tips di atas dapat membantu Anda. Tips ini membantu saya, dan buku harian emosional saya adalah asisten hidup saya yang hebat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tips tentang cara untuk melawan emosi, beri tahu kami di bagian komentar.
 

Rekomendasi
Trading Cryptocurrency vs. Trading Forex - Apakah Berbeda?
Cryptocurrencies sering disebut sebagai sesuatu yang revolusioner, berbeda dan unik. Kata-kata ini membuat banyak trader menjadi was-was karena mereka takut strategi trading mereka saat ini mungkin tidak dapat diterapkan lagi. Benarkah itu masalahnya? Kami sudah memeriksanya dengan praktek.
Jangan dipersulit - Trading itu tidak rumit
Ketika orang-orang memikirkan trading, biasanya mereka langsung memikirkan sesuatu yang rumit, sangat canggih dan hanya tersedia bagi orang-orang yang cerdas. Kami tidak ingin membohongi Anda, perilaku pasar memang saling terkait erat dan ada banyak ikatan yang berperan di sini, tetapi Anda dapat tetap berhasil meskipun tanpa pengetahuan yang luas tentang pasar.