Mengenal Candlestick Bullish Engulfing

Bagi seorang price action trader, bullish engulfing merupakan salah satu indikator yang bisa menjadi pertanda bahwa harga akan berbalik. Dengan probabilitas kemenangan yang cukup tinggi, kita bisa meraih keuntungan yang banyak dengan trading jangka pendek maupun jangka panjang bila dapat memanfaatkan bullish engulfing dengan baik.

Bullish engulfing sendiri merupakan salah satu formasi candlestick dimana sebuah candlestick bullish menelan seutuhnya dari candle sebelumnya. Engulfing sendiri memiliki makna menelan, ini dikarenakan candle ini menelan candle sebelumnya secara keseluruhan. Jika masih belum memahaminya berikut kami berikan gambarannya:

Cara Memanfaatkan Bullish Engulfing untuk Trading di Olymp Trade-1

Kita bisa menemukan pola bullish engulfing ini pada pasar downtrend walau kadang kala bisa terjadi pada pasar uptrend saat harga kembali dari retrace. Untuk mengenali bullish engulfing sangatlah mudah, berikut kami tampilkan informasinya:

  • Candle pertama (sebelah kiri) merupakan candle bearish berwarna merah dengan bentuk yang lebih pendek dikarenakan penurunan tidak terjadi secara drastis.
  • Candle kedua (sebelah kanan) ialah candle bullish yang bagian ekor maupun bodynya menutupi candle pertama tadi. Kadang terjadi gap namun kadang juga tidak.

Jika anda menemukan pola candle bullish engulfing ini saat trading di Olymp Trade, maka anda bisa melakukan entry opsi naik baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat baik untuk fix time trade maupun untuk spot trade.

Arti Formasi Candlestick Bullish Engulfing

Cara Memanfaatkan Bullish Engulfing untuk Trading di Olymp Trade-2

Harga bergerak sesuai hukum supply and demand atau permintaan dan penawaran. Dari permintaan dan penawaran yang telah terjadi itulah akan meninggalkan jejak histori berupa candlestick yang tiap timeframenya memiliki bentuk yang berbeda-beda. Lalu apakah arti dari candlestick bullish engulfing?

Bullish engulfing ini mengindikasikan pelemehan trend turun yang drastis akibat para seller sudah kehabilan aset yang mereka jual sehingga mereka tinggal berbondong-bondong untuk membelinya. Candle bearish yang pendek mengindikasikan bahwa pasukan seller sudah melemah. Lalu candle bullish setelahnya menandakan bahwa para buyer sudah mendominasi pasar.

Cara Menggunakan Olymp Trade menggunakan Pola kandle Bullish Engulfing

Cara Memanfaatkan Bullish Engulfing untuk Trading di Olymp Trade-3

Perlu dipahami bahwa bullish engulfing hanya bisa digunakan untuk opsi naik bila anda menggunakan fix time trade di Olymp Trade. Walaupun kita trading melawan trend atau yang biasa disebut counter trend, teknik ini memiliki probabilitas yang cukup tinggi dengan risiko yang rendah. Bila anda ingin menggunakannya silakan ikuti tipsnya berikut ini:

Ubah grafik harga menjadi candlestick

Jika anda masih menggunakan grafik garis maka sekarang waktunya untuk mengganti menjadi grafik candlestick yang bisa anda ubah dari bagian grafik di bagian kiri atas.

Tentukan time frame yang tepat

Pilih trading jangka pendek ataupun jangka panjang sesuai yang anda inginkan. Bila ingin jangka pendek maka pilihlah time frame 1 atau 5 menit, bila ingin time frame jangka panjang maka pilihlah time frame 15 menit atau 1 jam.

Temukan candlestick bullish engulfing

Sekarang waktunya untuk mengaplikasikan pengetahuan anda setelah memahami candlestick bullish di atas. Cari dan temukan candlestick bullish engulfing pada time frame yang anda tentukan sebelumnya.

Pilih opsi naik setelah bullish engulfing terbentuk

Bila bullish engulfing sudah terbentuk maka sekarang waktunya untuk melakukan opsi naik saat itu juga. Untuk waktu expiring time nya silakan sesuaikan dengan jangka waktu 5 kali time frame yang anda pilih. Bila anda menggunakan time frame 1 jam, maka set expiring time menjadi 5 jam.

Itulah beberapa cara memanfaatkan bullish engulfing untuk trading di Olymp Trade. Semoga anda bisa memahaminya dan dapat sukses dengan menggunakan strategi yang simpel ini.
 

Rekomendasi
Cara Memanfaatkan Candlestick Harami untuk Meraup Profit di Olymp Trade
Seperti yang kita tahu bahwa candlestick merupakan sebuah grafik harga yang berasal dari Jepang untuk itu para trader sering menyebutnya dengan kandil Jepang. Nah candlestick ini punya berbagai macam bentuk yang mana tiap bentuknya mencerminkan pergerakan suatu harga. Namun di kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang kandil harami dan cara penerapannya di Olymp Trade.
Cara Trading di Olymp Trade dengan Support dan Resistance yang Simpel dan Efektif
Strategi trading tiap orang tentu berbeda-beda. Masing-masing punya metode favorit nya sendiri yang menurut mereka lebih efektif dan cocok untuk kepribadiannya. Namun bila anda sedang bingung mencari strategi yang efektif dan simpel, maka kami akan memberikan salah satu strategi terbaik yang bisa digunakan oleh semua trader yakni support dan resistance.