Pada artikel hari ini, kita akan membicarakan tentang indikator yang digunakan oleh dan populer terutama di kalangan para pemula. Indikator ini populer karena menjadi bagian dari banyak strategi yang tersedia di berbagai situs web, forum dll. Oleh karena itu para pemula mudah untuk terbiasa menggunakannya dan mengikutinya meskipun tidak tahu apa arti sebenarnya dari nilai-nilainya.

Apakah Anda ingin tahu indikator apa yang sedang saya bicarakan? Nilai-nilai apa yang ditampilkan pada indikator ini? Apa arti dari nilai-nilai ini dan bagaimana cara untuk menggunakan indikator ini? Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut!

Stochastic oscillator

Oscillator ini sudah ada selama beberapa dekade. Indikator ini pertama kali dijelaskan oleh George Lane pada tahun 1950-an. Stochastic indicator tidak menunjukkan harga aset tertentu atau volume perdagangan yang tercipta. Indikator ini menunjukkan kecepatan perubahan harga. Perubahan ini diterjemahkan ke dalam angka pada skala mulai dari 0 hingga 100, dan dapat dengan mudah diplot dalam grafik.

Bagian 17: Analisis Teknis - Stochastic oscillator-1

Ini adalah tampilan dari stochastic osilator

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gambar tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa nilai-nilai gerakan oscillator yaitu "berosilasi" antara nilai 0 dan 100. Ini cukup sederhana. Tapi apa yang digambarkan oleh nilai-nilai ini?

Artinya adalah sebagai berikut:

  • Ketika garis (nilai stochastic oscillator) berada di bagian atas (mendekati 100, katakanlah, 80+) ini mengartikan bahwa aset overbought.
  • Ketika garisnya dekat dengan dasarnya (katakanlah, di bawah 20), kita dapat mengasumsikan bahwa aset oversold.

Overbought dan oversold

Dua istilah ini dapat diterjemahkan seperti ini: overbought berarti aset sedang berlebihan dibeli, oversold berarti kebalikannya: aset dijual berlebihan. Inilah yang ditunjukkan oleh indikator stochastic. Indikator ini menunjukkan permintaan saat ini untuk suatu aset. Indikasi ini dapat berarti dua hal:

Kita bisa mengharapkan pembalikan tren (...mengubah overbought menjadi oversold) atau langkah kebalikannya - status quo untuk beberapa periode waktu. Seperti yang ditunjukkan dengan jelas pada gambar di bawah ini, kedua opsi tersebut mungkin terjadi.

Bagian 17: Analisis Teknis - Stochastic oscillator-2

Abaikan panah ke bawah di bagian bawah stochastic oscillator

Seperti yang dapat Anda lihat dari gambar di atas, kedua kasus tersebut memang terjadi.

  • Segera setelah oscillator jatuh di bawah garis 20 (di awal garis Fibonacci), harga naik. Aset oversold telah berubah menjadi overbought, yang mengarah pada kenaikan yang instan.
  • Setelah kenaikan pertama di atas 80, nilainya tetap tidak berubah untuk waktu yang cukup lama dan pembeli terus membeli. Bukannya turun, harga bahkan menjadi lebih tinggi.

Bagaimana cara untuk menggunakan indikator stochastic?

Indikator ini dapat digunakan dalam dua cara. Anda dapat menggunakannya sebagai alat untuk memfilter perdagangan. Anda dapat berdagang bersama tren (perubahan harga mengikuti tren jangka panjang) atau ke arah yang berlawanan.

Kasus 1:

Bagian 17: Analisis Teknis - Stochastic oscillator-3

Kasus 1: Puncak kembar, 100% pantulan Fibonacci dikonfirmasi oleh pembalikan indikator Stochastic

Kasus ini menunjukkan penggunaan indikator stochastic untuk mengonfirmasi sinyal. Di sisi kiri grafik, Anda dapat melihat dua panah yang dihasilkan dari strategi BERSI Scalp. Jika Anda menggunakan stochastic oscillator sebagai filter, Anda akan terhindar dari dua kerugian ini.

Di tengah gambar Anda dapat melihat dua garis vertikal. Keduanya menandai tempat di mana tren berbalik. Dengan stochastic oscillator, Anda dapat memfilter dan melihat bahwa harga pada akhirnya akan kembali turun. Mudah sekali, bukan?

Kasus 2:

Bagian 17: Analisis Teknis - Stochastic oscillator-4

Kasus 2: Indikator stochastic mengonfirmasi kelanjutan tren 

Dalam kasus kedua, seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat melihat bahwa harga pertama-tama naik dengan tajam kemudian anjlok (keduanya disorot dengan garis vertikal).

Indikator stochastic menunjukkan bahwa dalam satu kasus, harga menjadi oversold kemudian overbought. Tidak ada yang lebih mudah daripada mengikuti tren jual beli dari para trader. Jika Anda mengikuti tren saat ini, Anda pasti akan mendapatkan keuntungan.

Sinyal dalam kasus 1 bahkan lebih kuat lagi karena didorong oleh panah BERSI Scalp. Saya sangat menyarankan Anda untuk menyimpan indikator Stochastic di gudang senjata Anda.

Informasi lebih lanjut

Rekomendasi pribadi saya adalah untuk tidak menggunakan stochastic oscillator sebagai satu-satunya sinyal untuk membuka perdagangan. Namun saya merekomendasikan indikator ini untuk memfilter. Jika Anda akan membuka perdagangan dan melihat beberapa formasi dalam grafik (atau sinyal dalam strategi lain), Anda harus terlebih dahulu melihat apa yang ditunjukkan oleh indikator stochastic. Jika indikator ini tidak mengonfirmasi pergerakan ke arah yang Anda inginkan jangan lakukan perdagangan. Sebaliknya, tunggulah beberapa saat untuk sinyal yang berikutnya.

Berkat filter ini Anda dapat memisahkan sinyal yang baik dan buruk dan hanya melakukan trading ketika sinyalnya cukup kuat yaitu dikonfirmasi oleh beberapa indikator. Indikator stochastic bukanlah satu-satunya indikator yang dapat digunakan sebagai filter. Anda juga dapat menggunakan Indikator ADX atau RSI.
 

Rekomendasi
Bagian 16: Analisis Teknis – Formasi Candlestick II
Di episode analisis teknis sebelumnya (Bagian 10: Analisis Teknis - Formasi Candle), kami sudah menjelaskan formasi candlestick, seperti pin bar, dan three line strike. Sekarang adalah saatnya untuk menunjukkan formasi candle lainnya. Tapi pertama-pertama kita memerlukan sedikit teori.
Cara Trading di Olymp Trade dengan Strategi Taruhan yang Simpel dan Mudah
Banyak sekali strategi trading yang bisa kita gunakan. Apalagi jika kita mencari di internet tentu ada puluhan juta strategi yang berbeda-beda. Masing-masing tentu punya metode serta keefektifan yang berbeda-beda. Tinggal kita sendiri yang mau menggunakan strategi mana yang sekiranya benar-benar sesuai dengan karakteristik kita.