Di episode analisis teknis sebelumnya (Bagian 10: Analisis Teknis - Formasi Candle), kami sudah menjelaskan formasi candlestick, seperti pin bar, dan three line strike. Sekarang adalah saatnya untuk menunjukkan formasi candle lainnya. Tapi pertama-pertama kita memerlukan sedikit teori.

Trading formasi candle

Trading formasi candle adalah jenis trading yang menggunakan aksi harga. Yang berarti bahwa trading dilakukan hanya dengan melihat grafik harga, yaitu tanpa indikator. Dalam hal ini kita hanya menggunakan perubahan harga, bentuk candle dan posisi candle - formasi candle. Ketika melakukan trading formasi candle kami juga biasanya menggunakan garis tren - garis support dan resistance.

Para trader aksi harga menganggap bahwa hal tersebut adalah semua yang mereka perlukan untuk melakukan trading. Menurut mereka kita tidak perlu menggunakan indikator atau instrumen lain, karena indikator hanya mencerminkan apa yang terjadi pada pasar di masa lalu. Oleh karena itu indikator menjadi tidak berguna dan hanya mengalihkan perhatian Anda dari harga yang sebenarnya dan tidak dapat memprediksi masa depan.

Sebagai sinyal untuk membuka posisi perdagangan, kita dapat menggunakan formasi candle yang berbeda-beda dari sebuah grafik (pola dan formasi). Kita dapat memetakan situasi aktual pada pasar dengan analisis aksi harga dan mengidentifikasi pola kualitas. Pola tersebut dapat memberi kita sinyal untuk membuka posisi. Jika pada saat yang bersamaan terdapat pula faktor-faktor lain dari pasar yang mendukung, kita dapat yakin bahwa itu adalah sinyal kualitas yang sangat baik.

Berbagai macam formasi candle

Bagian 16: Analisis Teknis – Formasi Candlestick II-1

Beberapa formasi yang terbentuk selama tren turun

Ada puluhan, bahkan mungkin ratusan formasi candlestick. Saya bahkan dapat mengatakan bahwa sebagian besar dari formasi tersebut adalah omong kosong dan orang-orang menciptakannya hanya sebagai bualan. Lihatlah gambar di atas yang meringkas sedikit dari banyak formasi yang dapat Anda temukan dalam grafik. Namun, kami akan berfokus pada formasi candle yang masuk akal saja.

Formasi Morning Star dan Evening Star

Salah satu formasi yang saya sukai, bernama Morning star. Formasi morning star terbentuk selama tren turun. Formasi kebalikannya - Evening star - terbentuk selama tren naik. Jika muncul salah satunya, formasi tersebut selalu menjadi sinyal bahwa harga akan berubah.

Bagaimana cara untuk mengenali formasi ini?

  • Untuk Morning Star:
    • Tren turun yang jelas.
    • Tubuh candle pertama menurun dan relatif panjang. Candle ini adalah kelanjutan dari tren turun saat ini.
    • Candle ketiga menunjukkan apakah harga mulai naik. Candle ini harus menutup lebih dari setengah candle pertama.
  • Untuk Evening Star:
    • Tren naik yang jelas.
    • Tubuh candle pertama naik dan candle tersebut adalah kelanjutan dari tren naik saat ini.
    • Candle ketiga menunjukkan apakah harga akan berbalik. Candle ini harus ditutup di bawah setengah dari tubuh candle pertama.

Saya tidak akan menjelaskannya terlalu banyak, kita dapat langsung melihat beberapa contoh pada grafik dan di dunia nyata saat trading. 

Bagian 16: Analisis Teknis – Formasi Candlestick II-2

Formasi candle Morning Star dan Evening Star

Dalam kedua contoh di atas Anda dapat melihat garis yang membantu untuk menentukan kapan pembalikan tren bisa terjadi. Garis-garis ini tentu saja bagian dari strategi sukses BERSI Scalp.

Pembentukan Pola Piercing

Formasi ini dapat digunakan untuk mengonfirmasi rotasi. Meskipun formasi ini pada awalnya adalah pola pembalikan tren turun, namun Anda juga dapat menggunakan formasi candle ini untuk tren yang sebaliknya. Pembentukan pola piercing ditunjukkan dalam video di bawah ini dengan sangat baik, tetapi untuk berjaga-jaga saya juga akan menjelaskannya.

  • Setelah rangkaian dari beberapa (sedikitnya 5) candle berturut-turut yang pergi ke arah yang sama kita akan berfokus pada serangkaian candle yang pergi ke arah yang berlawanan. Jika pada rangkaian kedua kita menemukan setidaknya tiga candle yang pergi ke arah yang berlawanan, kita dapat berinvestasi pada rotasi.
  • Formasi ini bahkan akan lebih kuat lagi ketika harga memantul kembali dari, misalnya, garis support. Di sisi lain Anda juga harus berhati-hati bahwa itu bukan sekedar throwback.
     
Rekomendasi
Regulasi Broker Binary Options
Ada banyak broker yang dapat Anda gunakan untuk melakukan trading. Tetapi hanya beberapa yang tunduk pada regulasi dari otoritas regulasi tepercaya. Regulasi adalah sesuatu yang seharusnya menjadi fokus dari para trader pemula maupun trader berpengalaman. Di situs web kami, Anda dapat menemukan daftar dari broker yang tepercaya dan beregulasi.
Strategi Pengelolaan Modal di Fix Time Trade Olymp Trade
Olymp Trade adalah pialang yang menawarkan 2 market sekaligus yakni forex dan fix time trade. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan untuk trading di market tersebut pun butuh strategi yang berbeda pula. Salah satunya dalam hal pengelolaan modal, dalam fix time trade tidak mengenal adanya cut loss atau stop loss karena semua order ditentukan berdasarkan waktu.