Swing sangatlah penting dan menjadi bagian dari analisis teknikal sedari awal dan Anda semua, yang sudah melakukan analisis teknis sebelumnya, pasti sudah menyadarinya. Swing adalah alat dasar yang walau bagaimanapun harus diketahui juga oleh para trader yang lebih berpengalaman. Namun apa yang dimaksud dengan swing? Dan bagaimana kita menggunakannya untuk trading?

Apa itu swing

Swing tidak dapat didefinisikan dengan mudah hanya dengan satu kata. Swing adalah pergerakan harga - kurva atau gelombang yang dibuat saat pembalikan tren jangka pendek. Saat swing naik dan setiap swing berada di atas swing sebelumnya, kita bisa berbicara tentang tren naik. Begitu pula sebaliknya. Swing dapat ditemukan di semua jangka waktu mulai dari M1 hingga bulanan.

Pada gambar di sebelah kanan, saya telah menandai kurva yang sedang saya bicarakan. Ini adalah sebuah sistem di mana harga dari semua asset, mulai dari saham hingga pasangan mata uang dan indeks, berubah. Swing sudah ada sedari dulu dan akan selalu ada di sini. Akan selalu ada seseorang, yang akan menjual atau membeli aset dan justru orang-orang inilah yang membuat swing menjadi mungkin.

Namun, tepatnya, ketika berbicara tentang swing, kita hanya berbicara tentang kurva atas dan bawah, dan bukan keseluruhan gelombang. Lihatlah gambar berikut.

Bagian 15: Analisis Teknis - Swing-1

Apa kegunaan dari swing

Bagian 15: Analisis Teknis - Swing-2

Swing adalah, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, sebuah metode dasar yang digunakan untuk menentukan tren. Jika swing meningkat, mis. swing low dan swing high bergantian dan selalu berakhir pada harga yang lebih tinggi, kita dapat mengatakan bahwa harga sedang berada dalam tren naik (tren ke atas).

Untuk tren turun (tren bearish ke bawah) sama saja, hanya dibalik, kurvanya harus turun. Jika swing tidak naik atau turun dengan jelas, kita dapat berbicara tentang tahap perantara antara tren - stagnasi. Dan oleh karena itu, hal ini juga sama seperti pada (mis. setelah puncak ganda) pembalikan tren, atau (setelah pantulan dari support yang kuat) pada kelanjutan tren.

Bagian 15: Analisis Teknis - Swing-3

Pada gambar di atas Anda bisa melihat tren ke atas – swing naik. Ketika harga berhenti naik dan stagnan, pembalikan dan penurunan tren akan mengikutinya.

Ringkasan swing

Semoga saya mempresentasikan topik ini dengan jelas. Swing adalah sebuah metode yang sederhana untuk menentukan tren menggunakan naik dan turunnya harga maksimum dan minimum lokal. 🙂 Semoga Anda beruntung dalam menentukan tren!
 

Rekomendasi
Bagian 14: Analisis Teknis - Pullback atau throwback
Bagian dari rangkaian analisis teknis hari ini akan didedikasikan untuk pullbacks (throwbacks). Kami akan membicarakan tentang definisi pullbacks, perbedaannya, cara untuk menemukannya, dan apa saja informasi praktis yang dapat digunakan untuk memperdagangkan binary options, jadi mari kita mulai.
Strategi Pengelolaan Modal di Fix Time Trade Olymp Trade
Olymp Trade adalah pialang yang menawarkan 2 market sekaligus yakni forex dan fix time trade. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan untuk trading di market tersebut pun butuh strategi yang berbeda pula. Salah satunya dalam hal pengelolaan modal, dalam fix time trade tidak mengenal adanya cut loss atau stop loss karena semua order ditentukan berdasarkan waktu.