Dalam artikel analisis Teknikal sebelumnya kami sudah sedikit membicarakan tentang cara untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan berdasarkan pergerakan grafik dan formasi candle yang terbentuk. (Pembahasan lebih lanjut tentang hal tersebut ada di sini: Pembentukan harga)

Formasi candle bukan satu-satunya hal yang harus kita perhatikan. Kita juga harus melihat ukuran dan bentuk candle individual. Ada banyak jenis candle dan kombinasinya. Terkadang candle memiliki simpul yang panjang, terkadang sebaliknya, tidak memiliki apapun. Inilah yang akan kita bicarakan hari ini.

Pinbar

Bagian 10: Analisis Teknis - Formasi candle-1

Cara mengenali pinbar (klik untuk memperbesar)

Mari kita mulai dengan candle pinbar. Memang benar bahwa candle ini bukanlah formasi candle, karena hanya terbuat dari satu candle, tapi itu tidak menjadi masalah.
Pinbar (atau pin bar) adalah sebuah candle dengan simpul yang sangat panjang dan tubuh yang lebih kecil, di sisi lain dari simpul ini. Jadi, ada simpul tinggi yang panjang, dan candle bearish atau sebaliknya.

Candle ini mengartikan bahwa dalam prosesnya, harga telah sangat meningkat, tetapi meskipun ada sesuatu yang terjadi dan mempengaruhi arah pengembangan harga pada akhir candle (yaitu: mencapai garis penting dari resistance atau support), harga berubah pikiran dan pergi ke arah yang berlawanan. Sekarang, kita dapat memprediksi bahwa harga memang akan terus bergerak ke arah yang sama.

Bagian 10: Analisis Teknis - Formasi candle-2

Pratinjau dari 2 candle PINBAR

Formasi three line strike

Formasi ini selalu terdiri dari 4 candle yang berturut-turut. Tiga diantaranya harus berada di arah yang sama dan yang keempat harus pergi ke arah yang berlawanan. Formasi three line strike menunjukkan pembalikan tren yang akan datang dan bekerja paling baik dalam jangka waktu 15M atau lebih lama.

Formasi ini bekerja paling baik jika candle terakhir berjenis pinbar.

Bagian 10: Analisis Teknis - Formasi candle-3

Pratinjau dari formasi THREE LINE STRIKE

Formasi candle lainnya

Saya rasa dua formasi candle ini sudah cukup untuk hari ini. Ingin tahu lebih banyak tentang formasi candle? Bagikan artikel ini di media sosial dan tuliskan komentar di bagian bawah!
 

Rekomendasi
Bagian 11: Analisis Teknis - Mengonfirmasi pembalikan menggunakan indikator
Sekarang karena Anda sudah sampai hingga bagian 11 dari rangkaian analisis teknis kami, saya mengasumsikan bahwa Anda telah mempelajari bagian-bagian yang sebelumnya. Jika belum, saya menyarankan Anda untuk melihatnya – bagian-bagian itu sangat penting dan setiap trader intraday harus mengetahui bagian-bagian tersebut.